4379 Atlet dari 26 Cabor Diverifikasi Tim Keabsahan Porprov Riau X 

4379 Atlet dari 26 Cabor Diverifikasi Tim Keabsahan Porprov Riau X 
Ketua KONI Riau usai membuka secara resmi verifikasi dan validasi keabsahan atlet porprob Riau X.(istimewa)

PEKANBARU, celotehriau.com-- Memastikan keabsahan atlet yang berlaga di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) X Riau, tim keabsahan melakukan verifikasi dan validasi terhadap 4379 atlet 26 Cabor Daru 12 Kabupaten /Kota.

"Ada 4.000 lebih atlet dari 26 cabang olahraga yang saat ini sedang diverifikasi dan validasi oleh tim keabsahan Porprov Riau X di  Winstar Hotel," ujar Ketua KONI Riau Iskandar Hoesin, Selasa (11/10/2022).

Orang nomor satu KONI Riau ini mengatakan  pengabsahan terhadap para duta olahraga kabupaten /kota ini digelar selama.tiga hari yang di mulai hari Senin 11 Oktober 2022  hingga Kamis 13 Oktober 2022 mendatang.

"Diharapkan supaya tim keabsahan bisa lebih independen, jujur dan tertib. Kalau ini tidak dilakukan secara baik, takutnya malah menjadi biang kerusuhan juga. Jadi hulu daripada itu adalah tim keabsahan," ungkapnya.

Meidizon Dahlan selaku Ketua Keabsahan Porprov X Riau mengatakan salah satu kunci sukses penyelenggaraan Porpov itu bagaimana panitia memverifikasi dan memvalidasi seluruh atlet yang akan bertanding di Porprov dan itu harus dilegalkan secara hukum.

"Sehingga dalam rangka verifikasi dan validasi itu, kita buatlah beberapa hari ini guna guna memeriksa secara detail siapa sih atlet yang akan bertanding di Porprov. Jangan sampai ada atlet yang memang tak sesuai kesepakatan kita masuk berlaga di Porprov,"katanya.

Karena itulah,. pihaknya akan mengawal seluruh verifikasi dan validasi atlet yang akan berlaga. Jadi atlet betul-betul sah bertanding dan sah pula dia mendapatkan medali itu.

"Kita hindari contohnya ada atlet tak legal dari provinsi pindah kemari kan harus kita protect, sehingga kita menghindari perolehan medali yang tak sah. Kata kuncinya adalah seluruh atlet yang bertanding di Porprov harus kita sahkan dan legalkan supaya dia mempunyai kekuatan hukum untuk dapat menerima medali pada Porprov X," ucapnya.

Disampaikan Medizon, adapun unsur tim verifikasi terdiri dari tim keabsahan KONI provinsi, tim keabsahan Cabor masing-masing yakni sebanyak 26 Cabor.

"Untuk poin yang disahkan yang pertama adalah mutasi atlet, double entry by name, Cabor yang menggunakan batasan umur ternyata umurnya lewat, makanya kita butuh ijazah dan segala macamnya serta guna menghindari keraguan dan kesalahan nomor nanti pada pertandingan sehingga kita verifikasi untuk nomor pertandingan sesuai dengan atlet dan nomor tersebut," terangnya.

Nantinya pada hari terakhir yakni Kamis (13/10/2022) akan dilakukan penandatanganan keabsahan atlet.

"Kita akan bekerja keras untuk bisa melakukan verifikasi dan validasi sebanyak 4.379 atlet ini," pungkasnya. (IUD)

Berita Lainnya

Index